Try Out UN 2018 Diikuti 1.500 Siswa SD

Try Out UN 2018 Diikuti 1.500 Siswa SD

Try Out UN 2018 Diikuti 1.500 Siswa SD

Try Out UN 2018 Diikuti 1.500 Siswa SD

Sebanyak 1.500 siswa tingkat SD/MI se-Kota dan Kabupaten Bogor memadati lingkungan SMP Kosgoro

. Mereka mengikuti try out UN SD/MI 2018. Menurut Kepala SMP Kosgoro, Abdullah, kegiatan yang rutin diselenggarakan di sekolahnya ini, jumlah pesertanya meningkat setiap tahun.

”Tahun ini yang kesebelas kalinya kami mengadakan try out ,” tambahnya.

Banyaknya siswa SD/MI yang ikut serta dalam kegiatan try out, membuat banyak ruang kelas yang dibutuhkan. “Jadi bukan hanya gedung SMP Kosgoro yang digunakan, tapi juga menggunakan 25 kelas di gedung SMA Kosgoro dan tiga kelas di gedung SMK Kosgoro, di SMP sendiri digunakan sebanyak 12 kelas,” beber Abdullah.

Kepala SMP Kosgoro itu menambahkan, terdapat tiga mata pelajaran yang diujikan,

yakni bahasa Indonesia, matematika, dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Sehingga, soal-soal yang diberikan kepada siswa pada kegiatan try out hari itu pun dipersiapkan oleh tim panitia yang merupakan guru dari ketiga mata pelajaran tersebut.

”Soal-soalnya berdasarkan kurikulum tingkat SD saat ini. Referensi soalnya itu dari soal UN tahun-tahun sebelumnya, maupun prediksi soal yang akan keluar di UN tahun ini,” terangnya.

Ia mengatakan, panitia kegiatan bukan hanya dari pihak guru, tapi siswa SMP Kosgoro

yang merupakan anggota OSIS juga ikut serta membantu. ”Karena kan jumlah guru yang menjadi panitia hanya 25, sedangkan peserta terbagi dalam 40 ruangan, sehingga dalam pengawasannya dibutuhkan bantuan,” tuturnya.

Abdullah mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menguji coba kemampuan para peserta didik tingkat SD atau MI kelas 6 yang akan mengikuti UN 2018 ini. ”Kami ingin lihat sudah sejauh mana kesiapan mereka dalam menghadapi UN,” tukasnya.

Selain kegiatan ini, diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi guru SD/ MI sekolah untuk memperbaiki kekurangan siswanya setelah hasil try out keluar.(cr1/c)

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/